Gejala Klinis Psoriasis


Kobner Phenomenon
Kobner Phenomenon
Keadaan umum tidak dipengaruhi, kecuali pada psoriasis yang menjadi eritroderma. Sebagian pasien mengeluh gatal ringan. Tempat predileksi pada scalp, perbatasan scalp dengan wajah, ektremitas terutama bagian ekstensor di bagian siku dan  lutut serta daerah lumbo sacral.

      Kelainan kulit terdiri dari bercak-bercak eritema yang meninggi (plak) dengan skuama diatasnya. Eritema sirkumskripta dan merata, tetapi pada masa penyembuhan seringkali eritema di tengah menghilang dan hanya terdapat di pinggir. Skuama berlapis-lapis, kasar dan berwarna putih seperti mika serta transparan. Besar kelainan bervariasi, bisa lentikular, nummular, plakat dan dapat berkonfluensi. Jika seluruhnya atau sebagian besar berbentuk lentikular disebut psoriasis gutata, biasanya pada anak-anak, dewasa muda dan terjadi setelah infeksi oleh Streptococcus.
       Lesi primer pada pasien psoriasis dengan kulit yang cerah adalah merah, papul dan berkembang menjadi kemerahan, plak yang berbatas tegas. Lokasi plak pada umumnya terdapat pada siku, lutut, skalp, umbilikus, dan intergluteal. Pada pasien psoriasis dengan kulit gelap, distribusi hampir sama, namun papul dan plak berwarna keunguan denan sisik abu-abu. Pada telapak tangan dan telapak kaki, berbatas tegas dan mengandung pustule steril dan menebal pada waktu yang bersamaan.
       Pada psoriasis terdapat fenomena tetesan lilin, Auspitz dan Kobner (isomorfik). Kedua fenomena yaitu tetesan lilin dan Auspitz dianggap khas, sedangkan Kobner dianggap tidak khas, hanya kira-kira 47% dari yang positif dan didapat pula pada penyakit lain., misalnya Liken Planus dan Veruka plana juvenilis. Fenomena tetesan lilin ialah skuama yang berubah warnanya menjadi putih pada goresan seperti lilin yang digores, disebabkan oleh perubahan indeks bias. Cara menggoresnya bisa dengan pinggir gelas alas. Pada fenomena Auspitz tampak serum atau darah berbintik-bintik yang disebabkan oleh papilomatosis. Cara mengerjakannya adalah dengan cara skuama yang berlapis-lapis itu dikerok dengan ujung gelas alas. Setelah skuama habis maka pengerokan harus dilakukan dengan pelan-pelan karena jika terlalu dalam tidak tampak perdarahan yang berupa bintik-bintik melainkan perdarahan yang merata. Trauma pada kulit penderita psoriasis misalnya trauma akibat garukan dapat menyebabkan kelainan kulit yang sama dengan psoriasis dan disebut dengan fenomena Kobner yang timbul kira-kira setelah 3 minggu.
Auspitz signs
Auspitz Sign

        Psoriasis juga dapat menyebabkan kelainan kuku yakni sebanyak kira-kira 50% yang agak khas yaitu yang disebut dengan pitting nail atau nail pit yang berupa lekukan-lekukan miliar. Kelainan yang tidak khas yaitu kuku yang keruh, tebal, bagian distalnya terangkat karena terdapat lapisan tanduk dibawahnya (hyperkeratosis subungual) dan onikolisis. Disamping menimbulkan kelainan pada kulit dan kuku, penyakit ini dapat pula menimbulkan kelainan pada sendi. Umumnya bersifat poliartikular, tempat predileksinya pada sendi interfalangs distal dan terbanyak terdapat pada usia 30-50 tahun. Sendi membesar kemudian terjadi ankilosis dan lesi kistik subkorteks. Kelainan pada mukosa jarang ditemukan.








15 comments:

  1. returning visits :) sorry for being late though :D

    ReplyDelete
  2. http://www.lisgold.com

    A great visit with a great weekend here...

    ReplyDelete
  3. visiting daily :) visit me back soon :)

    ReplyDelete
  4. Ampun ngeri gan, Blogwalking please Came Blog Me :D
    http://ariiff-rahman.blogspot.com/2012/10/film-hacker-serial-web-cybergeddon.html

    ReplyDelete
  5. penyakit yg cukup mengerikan sekali...
    trims infonya sobat

    ReplyDelete
  6. Hello...Have a great week ahead..

    ReplyDelete
  7. Hello my friend, thank you very much for your visit, good weekend with peace and happiness. Hugs Valter. :)

    ReplyDelete
  8. Kunjungan malam minggu mbah, happy weekend and thanks for your nice visit.

    ReplyDelete
  9. Ini bukan dukun, tapi dokter.... :)

    ReplyDelete
  10. ngeri liatnya

    http://f4ndhy.blogspot.com/2013/07/tentang-rasa.html

    ReplyDelete
  11. titah mbah selesai dilaksanakan. jangan bosan2 kunjung blog saya mbah :) http://patamani.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. New Era is the sum of techniques, talents, techniques, and procedures used within the manufacturing of products or offerings or in the accomplishment of targets, together with scientific investigation
    HuntBlogTech

    ReplyDelete